Cara mengatasi baterai smartphone android yang cepat panas image resources : androidcentral.com
    03 Februari 2018  |  0 Komentar  38
Blog Cara mengatasi baterai smartphone android yang cepat panas

Cara mengatasi baterai smartphone android yang cepat panas

Smartphone android saat memang sudah menjadi primadona dalam dunia telekomunikasi, terlebih dalam sektor telepon genggam yang sudah banyak menggunakan os Android. Namun ada hal penting yang terkadang belum bisa di mengerti oleh orang awam yaitu gejala panas pada smartphone anda. Masalah smartphone panas itu merupakan hal yang wajar, melihat banyaknya kebutuhan yang sudah bisa didukung oleh smartphone ber-Os Robot hijau, bukan tidak mungkin smartphone anda akan cepat panas dan tidak nyaman bila kita menggunakannya, apalagi kalau kita kantongin di celana, panasnya bikin anget2 empuk..xixixi.

Panas ini berasal dari baterai smartphone yang anda gunakan, yang biasanya memanas ketika sobat melakukan aktivitas yang terus menerus seperti bermain game, mendengarkan lagu ataupun terkoneksi dengan Wifi secara simultan. Faktor jaringan kartu GSM anda juga sangat mempengaruhi, karena bila sinyal kurang bagus maka smartphone akan terus mencari sinyal dan akan menyedot daya baterai anda.

Ada beberapa tips yang bisa mengurangi panas pada smartphone anda. Berikut 8 Solusi untuk mengatasi panas pada smartphone anda :

1.Ganti Baterai

Baterai anda mungkin sudah sering ngedrop dan mati mendadak  bisa dipastikan baterai rusak itulah penyebabnya

2.Jauhkan dari Panas
Smartphone anda panas bukan hanya berasal dari smartphone itu sendiri, mungkin bisa jadi pengaruh dari luar seperti terkena terik matahari, menaruh diatas televisi atau mungkin juga menaruh smartphone di samping kipas laptop yang mengeluarkan panas.Maka jauhkan smartphone anda dari pengaruh yang bisa menimbulkan panas.

3.Jangan digunakan ketika sedang di charge
Menggunakan Hp saat di charge sangat berpotensi menyebabkan hp cepat panas. selain itu menggunakan hp ketika di cas akan menyebabkan kerja baterai menjadi meningkat dan mungkin bisa merusak baterai, seperti menggelembung, mungkin bisa juga menimbulkan ledakan.

4.Matikan aplikasi dan koneksi yang menguras baterai
Ada beberapa aplikasi yang mungkin bisa menguras daya baterai anda karena aplikasi tersebut berjalan dibelakang layar.Selain itu matikan koneksi yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, Wifi,GPS,Infrared dan koneksi lainnya. Sinyal juga memberikan dampak pada ketahanan baterai smartphone anda. Jangan sering menggunakan lampu LED dengan jangka waktu yang lama, ini sangat menguras baterai dan membuat hp cepat panas

5.Check Aplikasi yang terinstall
Terkadang ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas. Cara mengatasinya dengan memantau aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun aplikasi yang lainnya misalnya Watchdog yang akan membantu sobat melacak gejala ini pada Android.

6.Jangan dekap smartphone sobat
Pada beberapa kasus ditemukan bahwa pengunaan casing tambahan dapat menyebabkan panas yang berlebih. Ini mungkin dikarenakan casing menjadi hambatan bagi ponsel untuk mencari sinyal. Selain casing bisa jadi  ketika ditaro di tas, kotak penyimpanan ataupun yang lainnya. untuk mengatasinya cukup dengan buka casing dan ditaruh di tempat yang terbuka aga mendapatkan angin dari luar.

7.Jangan Overclock ponsel
Overclocking smartphone adalah salah satu cara untuk bisa meningkatkan kecepetan smartphone lebih dari kondisi standar, tapi itu akan menggunakan lebih banyak daya baterai dan panas tentu akan lebih cepat. Hanya menggunakan Set CPU untuk underclock ponsel jika sobat mengalami panas yang konstan

8.Istirahatkan Smartphone
Ini mungkin jalan terakhir bila semua cara diatas masih kendala dalam penurunan daya baterai yang signifikan. Cara terakhir adalah matikan handphone lepas casing dan lepas baterai dari perangkat. tunggu sampai benar-benar dingin dan bisa dipasang kembali bila kondisi baterai sudah dingin/normal.

Sebenarnya tips ini sangat mudah dilakukan agar bisa menghemat daya baterai. semoga tips ini sangat berguna buat anda yang mengalami kendala baterai smartphone yang cepat panas.
 

 

Komentar

Anda harus login dulu :