Cara Mengantisipasi Smartphone yang Suka Bootloop image resources : https://www.yatekno.com/
    07 Juli 2020  |  0 Komentar  75
Blog Cara Mengantisipasi Smartphone yang Suka Bootloop

Cara Mengantisipasi Smartphone yang Suka Bootloop

Bootloop merupakan  masalah yang sangat lumrah dan termasuk salah satu gejala pertama perangkat lunak. Ketika perangkat Anda mengalami masalah bootloop, yang terjadi adalah pada layar akan muncul logo android  saja tanpa masuk ke Home/Lockscreen.

Kebanyakan orang akan takut kehilangan data atau file karena permasalahan ini, dan mengalami situasi yang sangat membingungkan. Hal tersebut menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman bagi Anda maka dari itu kami memberikan cara mengantisipasi masalah bootloop di perangkat Android tanpa kehilangan data penting apa pun.

Apa penyebab smartphone mengalami bootloop?

Berikut ini beberapa penyebab smartphone Anda melakukan bootlop :

  • Penyimpanan internal perangkat menjadi rusak atau rusak
  • Pembaruan sistem gagal diterapkan dengan benar (berpotensi sebagai akibat dari hal di atas)
  • Pengguna mencoba untuk menerapkan perangkat lunak khusus (ROM kustom, misalnya) secara tidak benar
  • Perangkat ini rusak secara fisik oleh air, listrik, atau kekuatan eksternal lainnya
  • Aplikasi pihak ke-3 yang tidak berfungsi atau jahat mencegah perangkat untuk mem-boot.

 

1. Menghindari bootloop

Salah satu cara untuk menghindari perangkat Anda dari bootloop adalah dengan tidak mendownload dan menginstal aplikasi diluar Google Play. Kemungkinan besar aplikasi itu memuat sebuah virus yang dapat membahayakan ponsel Anda.

2. Soft reset untuk memperbaiki masalah bootloop Android.

Soft reset merupakan langkah pertama yang wajib Anda lakukan ketika ponsel Anda mengalami masalah boootlop. Jika Anda masih kurang paham,  soft reset adalah salah satu cara dengan menahan tombol daya hingga ponsel Anda mati kemudian setelah beberapa saat Anda menyalakannya kembali

Untuk melakukan soft reset pada perangkat Anda silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini : 

  • Matikan perangkat dan keluarkan baterainya.
  • Jika Anda tidak dapat mengeluarkan baterai, biarkan ponsel mati selama sekitar 3 hingga 5 menit dan kemudian hidupkan kembali.

Menggunakan cara ini sangat efektif karena data Anda tidak akan hilang. Apabila setelah melakukan cara masalah tersebut masih tetap tidak dapat teratasi, cobalah menggunakan langkah selanjutnya.

Apa yang Dimaksud dengan Reset Pabrik ?

3. Reset pabrik untuk memperbaiki masalah bootloop Android.

Reset pabrik juga disebut dengan hard reset yang berarti mengatur ulang ponsel Anda ke titik seolah-olah baru saja keluar dari kotak. Masalah bootloop pada android Anda dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan reset pabrik. Perlu diingat bahwa semua data dan pengaturan perangkat Anda akan dihapus dengan menggunakan metode ini. 

Namun, apabila Anda memiliki akun Google yang terdapat di perangkat android, anda bisa mencadangkannya terlebih dahulu. Untuk mengatur ulang perangkat Anda Anda, pertama-tama Anda harus boot ke layar mode pemulihan.

  • Tekan tombol volume turun dan tombol daya bersamaan hingga Anda melihat layar dan muncul beberapa pilihan
  • Saat Anda berada di layar Mode Pemulihan, geser ke bawah menggunakan tombol volume turun dan pilih "Factory Reset" menggunakan tombol daya.
  • Tunggu perangkat Anda untuk melakukan tugas
  • Kemudian mulai ulang ponsel dalam Mode Pemulihan dengan memilih opsi pertama yaitu reboot system now. 

 

4. Konsultasi dengan Service Center 

Berbicara dengan orang yang telah ahli dan meminta orang itu memandu Anda untuk mengatasi masalah Anda merupakan hal yang paling cocok. Jika Anda mengunjungi service center, Anda bisa masuk dan mendapatkan laporan gratis untuk mengetahui apa yang terjadi dengan perangkat Android Anda. Bisa saja Anda meminta bantuan teman atau orang yang dapat dihubungi untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikianlah pembahasan artikel Cara Mengantisipasi Smartphone yang Suka Bootloop, ini kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.

Komentar

Anda harus login dulu :