Merawat Baterai Smartphone agar tidak cepat panas image resources : https://www.tingiz.com/
    09 Juli 2020  |  0 Komentar  49
Blog Merawat Baterai Smartphone agar tidak cepat panas

Merawat Baterai Smartphone agar tidak cepat panas

Ketika Anda mulai menggunakan smartphone maka sejak saat itu akan memanas. Kejadian tersebut merupakan hal wajar dan masih dapat dikatakan aman karena mereka bekerja untuk melakukan tugasnya dan menghasilkan panas secara wajar (hangat). Tetapi jika menjadi panas itu merupakan hal yang sangat tidak baik.

Smartphone yang terlalu panas bisa menjadi masalah serius, seperti merusak perangkat, mempengaruhi kinerja, berjalan lambat, baterai cepat habis, mempersingkat masa hidupnya, bahkan meledak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat smartphone agar tidak cepat panas:

Bagaimana cara merawat smartphone agar tidak cepat panas ?

1. Hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung

Dengan kata lain pada saat menggunakan smartphone Anda, hindarilah dari tempat-tempat yang bersuhu tinggi seperti berhadapan langsung dengan sinar matahari. Terutama sinar matahari pada saat musim panas memiliki suhu yang lebih tinggi, sehingga akan membuat smartphone Anda ikut memanas.

Hindarilah penggunaan ponsel di bawah sinar matahari terlalu lama. Apabila ponsel Anda sudah terlanjur panas maka sementara waktu hentikan terlebih dahulu segala pemakaian nya, setelah ponsel dingin baru bisa Anda gunakan kembali.

2. Menutup aplikasi yang jarang digunakan

Kemungkinan besar banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone Anda. Aplikasi itu berjalan di latar belakang disebabkan karena Anda yang tidak menutup program tersebut dan langsung menekan tombol home. Aplikasi ini tidak hanya menggunakan penyimpanan RAM saja, tetapi juga menggunakan daya baterai, dan menghasilkan panas dalam pemrosesan yang lama. 

Smartphone Anda akan bekerja lebih keras lagi ketika terdapat beberapa aplikasi yang terbuka pada waktu yang bersamaan, hal tersebut dapat menyebabkan baterai smatphone Anda menjadi panas. Hal yang dapat Anda lakukan yaitu biasakanlah untuk selalu menutup/mengakhiri aplikasi yang tidak digunakan secara berkala.

Apa yang Terjadi Saat Menggunakan Smartphone Terlalu Lama?

3. Berhenti menggunakan smartphone jika sudah terlalu lama.

Orang mudah kecanduan pada ponsel mereka sehingga sering lupa waktu ketika menggunakannya bahkan ada yang tetap menggunakannya saat mengisi daya . Tidak diragukan lagi bahwa menggunakan ponsel terlalu lama dan menggunakannya saat mengisi daya akan membuat ponsel menjadi panas.

Sebagai contoh, panas akan muncul ketika Anda sedang bermain game atau membuat panggilan pada waktu yang lama. Bermain game membutuhkan banyak bagian ponsel bekerja pada saat yang sama dan dengan demikian bisa membuat CPU ponsel tidak dapat memenuhi permintaan Anda.

Maka dari itu berhentilah menggunakan ponsel Anda saat merasa panas dan batasilah waktu penggunaanya agar ponsel Anda tidak bekerja terlalu berat.

4. Hilangkan virus dari ponsel Anda

Saat menggunakan ponsel Anda perlu berhati-hati karena virus bisa terdapat dimana saja, bahkan saat Anda membuka beberapa web tanpa kita ketahui web tersebut memiliki virus. Saat smartphone Anda sudah terkena virus, dapat menimbulkan beberapa hal berbahaya misalkan virus akan mencuri dan menyebarkan data diri kita serta memboroskan sumber daya ponsel.

Dengan begitu smartphone Anda akan menjadi panas secara tiba-tiba. Tindakan yang dapat Anda lakukan yaitu sering-sering menjalankan pemindaian pada ponsel Anda untuk menemukan sumber virus, kemudian hapus virus atau aplikasi yang terkena.

Demikianlah pembahasan artikel Cara Merawat Smartphone agar Baterai Tidak Mudah Panas, ini kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.

Komentar

Anda harus login dulu :